TinjauanTentang Ilmu Budaya Dasar
A. Pendahuluan
Mata
kuliah ilmu Budaya Dasar adalah suatu matakuliah yang membicarakan
tentang nilai – nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam
masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari – hari. Hal
inidirasaperlu, karena dirasakan kekurangan pada sistem pendidikan kita,
baik pada tingkat menengah, maupun pada tingkat perguruan tinggi.Tanpa
memungkiri banyak factor – factor lain yang menyebabkannya, salah satu
yang berpengaruh besar adalah sistem pendidikan kita.Tidak dapat
disangkal, bahwa ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong
membuat manusia – manusia spesialis yang tidakberpandangan luas. Para
lulusan perguruan tinggi kita kurang mempunyai tempat yang sama untuk
berpijak. Merek arelatife terlalu mengasampingkan bidang – bidang yang
lain. Ini tidak berarti, bahwa mereka harus ikut campur pada bidang –
bidanglain, tetapi agaknya keadaan ini yang membuat mereka seakan – akan
buta akan bidang yang lain.
Disinilah
diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar lulusan perguruan tinggi kita
dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan
pembicaraan.Adanya kesamaan ini diharapkan, agar interelasi antar
aintelektuil kita lebih sering dengan akibat yang positif bagi
pembangunan negara kita pada umumnya dan perbaikan pendidikan pada
khususnya.
Jadi secara singkat dapatlah dikatakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperlihatkan :
1. Minat
dan kebiasaan menyelidiki apa – apa yang terjadi disekitarnya dan di
luarlingkungannya, menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa.
2. Kesadaran akan pola – pola nilai yang dianutnya serta bagai mana hubungan nilai – nilai ini dengan cara hidupnya sehari – hari.
3. Kerelaan
memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai – nilai yang dianutnya
untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan
nilai – nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
4. Keberanian
moral untuk mempertahankan nilai – nilai yang dirasanya sudah dapat
diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai –
nilai yang tidak dapat dibenarkan.
B. Ilmu Budaya Dasar Sebagai Bagian Dari Mata Kuliah Dasar Umum
Ilmu
budaya dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah
dasar (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi,
baik yang sifatnya eksakta maupun non eksakta.
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1. Berjiwa Pancasila yang tercemin pada keputusan dan tindakannya.
2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyikapi permasalah anda berbagai aspek.
4. Memiliki wawasan budaya yang luas
C. Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Secara
sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep
yang dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan
kebudayaan.
Untuk
mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompokan pengetahuan
budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.
Prof.Dr. Harsya Bachtiar, mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan
dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
1. Ilmu – ilmu Alamiah ( natural science )
Ilmu – ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan – keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2. Ilmu – ilmu Sosial ( social science )
Ilmu – ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan – keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
3. Pengetahuan Budaya ( the humanities )
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan – kenyataan yang bersifat manusiawi.
D. Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Penyajian
mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang
diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum
tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah –
masalah manusia dan kebudayaan.
Untuk bias menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1. Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga
mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
terutama untuk kepentinganp rofesi mereka.
terutama untuk kepentinganp rofesi mereka.
2.Memberikesempatanpadamahasiswauntukmemperluaspandanganmerekatentangmasalahkemanusiaandanbudayasertamengembangkandayakritismerekaterhadappersoalan
– persoalan yang menyangkutkeduahaltersebut.
3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagaicalonpemimpinbangsadannegarasertaahlidalambidangdisiplinmasing – masing.
4. Mengusahakanwahanakomunikasiparaakademisi agar merekalebihmampuberdialogsatusama lain.
E. RuangLingkupIlmuBudayaDasar
Bertitiktolakdarikerangkatujuan
yang telahditentukanatas, duamasalahpokok bias
dipakaisebagaibahanpertimbanganuntukmenentukanruanglingkupkajianmatakuliahIlmuBudayaDasar.
Keduamasalahpokokituialah :
1. Berbagaiaspekkehidupan
yang seluruhnyamerupakanungkapanmasalahkemanusiaandanbudaya yang
dapatdidekatidenganmenggunakanpengetahuanbudaya( the humanities ).
2. Hakekatmanusia yang satuatau universal, akantetapi yang beranekaragamperwujudannyadalamkebudayaanmasing – masingjamandantempat.
No comments:
Post a Comment